JAGONET – SO EVERYONE CAN GO ONLINE

JagoNET didirikan pada bulan Mei tahun 2020 oleh tiga orang warga RT05 kampung Teluk Angsan Bekasi Jaya atas permintaan dari beberapa warga lainnya. JagoNET awalnya hanya bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet dengan harga terjangkau dan kelonggaran dalam ketentuan pembayaran.

Seiring berjalannya waktu, permintaan pemasangan layanan internet JagoNET terus bertambah. Berawal hanya melayani kebutuhan masyarakat satu RT, kemudian pelanggan kami berkembang sampai ke beberapa RW s/d Kelurahan. Berawal dari hanya melayani kebutuhan pelanggan rumahan, kini kami sudah memiliki beberapa pelanggan bisnis, instansi, dan sekolah.

LEGALITAS USAHA

Perjalanan awal JagoNET tidak selalu lancar dan tidak dapat dikatakan mudah. Selain minat masyarakat akan layanan internet dari JagoNET, isu legalitas usaha juga tidak jarang muncul baik di kalangan pengguna aktif maupun calon pengguna kami. Saat itu kami sadar, apabila ingin membesarkan bisnis ini maka kami tidak bisa hanya berfokus menambah jumlah pelanggan. Tapi kami juga harus serius melakukan pembenahan, termasuk mengurus perizinan dan legalitas usaha.

Kami pun mulai mempelajari regulasi tentang usaha di bidang layanan akses internet ini dan mencari referensi. Sampai akhirnya kami bertemu dengan pihak PT. Cyberplus Media Pratama (Cyberplus), perusahaan penyedia jasa layanan internet yang sudah beroperasi sejak tahun 2008. Di bawah arahan dan bimbingan Cyberplus, kami pun mulai melakukan pembenahan. Kami memperbaiki tata kelola keuangan, menyesuaikan harga jual, sosialisasi PPN & PNBP dan merapihkan struktur organisasi. Pada bulan Agustus tahun 2021, melalui surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan nomor 004/PKS/CMP-JAGONET/2021, kami secara resmi menjadi mitra bisnis (Subnet) PT. Cyberplus Media Pratama dan dapat melayani pelanggan secara legal.

EKSPANSI BISNIS

Sampai pada tahap ini, kami melihat bahwa JagoNET saat ini sudah berkembang jauh melewati ekspektasi awal kami. Sudah memiliki basis pelanggan tetap, sudah menemukan pola bisnis yang sesuai dan sudah menjadi tumpuan ekonomi bagi beberapa warga yang serius dan bekerja keras membantu kami sejak awal JagoNET didirikan. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan JagoNET dan terus memberikan dampak positif di manapun kami hadir.

Selain menjual layanan internet retail dan memperluas cakupan area layanan JagoNET, kami juga mulai mengembangkan jasa/layanan lainnya yang terkait dengan internet. Layanan lain yang mulai kami pasarkan adalah pemasangan CCTV, instalasi program dan sistem operasi pada perangkat komputer serta jasa penarikan kabel fiber optik.

VISI

  • Menyediakan akses internet dengan jangkauan yang luas dan merata agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari penggunaan teknologi dan fasilitas berbasis internet dengan harga yang relatif murah.
  • Mengedukasi pengguna layanan internet agar dapat memanfaatkan teknologi internet untuk menunjang aktivitas sehari-hari, mengembangkan bisnis dan memonetisasi produk hasil buatan/produksi/karya sendiri.
  • Dan pada akhirnya dapat membentuk masyarakat yang berkembang dengan mengikuti perkembangan teknologi, mandiri, sejahtera dan produktif.

MISI

  • Memperluas cakupan area layanan internet ke lokasi-lokasi lain yang membutuhkan akses internet cepat dengan harga terjangkau.
  • Memperbanyak kerjasama dengan banyak pelaku usaha sejenis agar dapat saling mendukung dalam pengembangan usaha.
  • Aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat agar proses edukasi tentang pemanfaatan internet dapat terealisasi.
  • Terus melakukan riset dan mengembangkan produk / layanan baru agar mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja.

MOTTO: TOGETHER  EVERYONE CAN ACHIEVE!

TIMELINE & ROADMAP

Mei 2020 - JagoNET Didirikan

JagoNET didirikan dengan modal seadanya dan beberapa perangkat bekas, diantaranya TP-Link WR840N, Mikrotik RB951-HapLite, Mikrotik LHG, dan Switch Totolink 5 port sebanyak 3 unit.

  • Backbone Wireless Point to Point
  • Mounting Monopole
  • Kapasitas Backbone maks. 14Mbps
  • 5 Pengguna Aktif
Juli 2020 - Target 15 User Achieved!

Butuh waktu dua bulan bagi kami untuk menambah pelanggan, dari yang awalnya 5 pelanggan menjadi 15 pelanggan. Saat itu, karena keterbatasan sumber daya keuangan, pengembangan kami berjalan sangat lambat. Bahkan untuk menambah satu pelanggan kami membutuhkan waktu cukup lama mempersiapkan perangkat.

Agustus 2020 - Migrasi Backbone Wireless ke Fiber Optik

Setelah mencapai 18 pelanggan dan beberapa pelanggan kami sudah mengeluhkan lambatnya akses internet. Maka kami putusnya untuk mengganti backbone dari Wireless Point to Point menjadi fiber optik dengan bandwidth retail up to 50 Mbps. Saat itu kami mengenal PT. Cyberplus Media Pratama dan memutuskan menggunakan layanan JETS SOHO up to 50 Mbps Cyberplus.

Di saat yang sama, kami juga memperluas cakupan area layanan kami dengan mendirikan mini POP (Point of Presence) di kelurahan lain.

Februari 2021 - Backbone dengan bandwidth Dedicated

Pada bulan Februari 2021, dengan jumlah pelanggan rumahan sebanyak 55 rumah. Akhirnya kami putuskan untuk mengupgrade bandwidth untuk backbone. Dengan kapasitas backbone baru sebesar 100 Mbps (1:1) dari Cyberplus, kami lebih berani menargetkan jumlah pelanggan sebanyak 80 pelanggan rumahan.

Bersamaan dengan aktivasi bandwidth dedicated, Cyberplus juga menyediakan jalur fiber optik (backup) terpisah untuk antisipasi apabila backbone utama kami terputus.

Agustus 2021 - Menjadi Mitra Resmi (Subnet) PT. Cyberplus Media Pratama

Pada tanggal 25 bulan Agustus tahun 2021, kami menandantangi surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Cyberplus. Setelah melewati masa-masa berat pembenahan manajemen dan tata kelola keuangan serta perpajakan, kami memberanikan diri melangkah lebih jauh dengan menjadi mitra resmi (Subnet) Cyberplus.

Oktober 2021 - Upgrade Kapasitas Bandwidth 150 Mbps

Pada bulan September jumlah pelanggan kami sudah mencapai 80 pelanggan rumahan, 1 pelanggan bisnis dan 2 pelanggan sekolah. Kami putuskan untuk mengupgrade kapasitas bandwidth menjadi 150 Mbps untuk mengejar target berikutnya, 125 pelanggan.

Target sampai penghujung 2021
  • Jumlah pelanggan 125 s/d 150
  • Upgrade kapasitas backbone menjadi 200 Mbps
  • Penambahan pelanggan bisnis dan instansi
Target Quarter I 2022
  • Jumlah pelanggan 200 s/d 250
  • Upgrade backbone menjadi 300 Mbps
  • Mulai mendapat pelanggan layanan Dedicated
Target Quarter II 2022
  • Jumlah pelanggan 300 s/d 350
  • Upgrade backbone menjadi 400 Mbps
  • Mulai migrasi infrastruktur secara bertahap ke full FTTx
Target Quarter III 2022
  • Jumlah pelanggan 500
  • Penambahan jumlah pelanggan layanan Dedicated
  • Upgrade backbone menjadi 600 Mbps
  • Migrasi FTTx sudah mencapai 50%
Target Quarter IV 2022
  • Full FTTx 100%
  • Upgrade backbone 1000 Mbps
  • Pembentukan badan usaha 
×